Selasa, 17 Mei 2011

RPP IPA SD KELAS 2 DAN 3

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Ilmu Pendidikan Alam (IPA)
Kelas Semester : II/I
Materi Pokok : Tempat Hidup Makhluk Hidup
Alokasi waktu : 4x35 Menit (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Mengenal bagia-bagian utama tubuh hewan dan tumbyhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
1.3 Mengidentifikasikan nberbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya).
Indikator :
1. Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu.
2. Menyebutkan hewan yang hidup di darat dan hewan yang hidup di air.
3. Menyebutkan hewan yang hidup di tempat lainnya.
4. Menyebutkan tumbuhan yang hidup di darat dan tumbuhan yang hidup di air.
5. Menyebutkan tumbuhan yang hidup di tempat lainnya.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu.
2. Siswa mampu menyebutkan hewan yang hidup di darat dan hewan yang hidup di air.
3. Siswa mampu menyebutkan hewan yang hidup di tempat lainnya.
4. Siswa mampu menyebutkan tumbuhan yang hidup di darat dan tumbuhan yang hidup di air.
5. Siswa mampu menyebutkan tumbuhan yang hidup ditempat lainnya.
Materi dan pembelajaran :
Tempat hidup Makhluk Hidup
1. Tempat hidup hewan.
• Di darat(ayam, sapi, kambing, kucing, harimau, anjing, dll)
• Di air (Ikan, gurita, kepiting)
• Di darat dan di air (penyu dan katak)
• Ditempat lainnya:
o Di pohon (kelelawar, kera, monyet, burung)
o Di dalam tanah (cacing, semut)
o Di makhluk hidup lainnya (kutu)
2. Tempat hidup tumbuhan
• Di darat (pohon jambu, pohon mangga, jagung, kopi,dll)
• Di air (teratai, enceng gondok)
• Ditempat lainnya :
o Di batu (lumut)
o Ditumbuhan lainnya (benalu)
Metode Pembelajaran :
- Tanya jawab
- Ceramah
- Diskusi
- Demonstrasi
- Pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan ke 15
 Kegiatan Awal:
1. Guru memberi salam kepada siswa dan siswa menjawab salam yang diberikan oleh guru.
2. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama siswa satu persatu sesuai dengan urutan absen.
4. Guru mengajak siswa mengucapkan dengan serentak dan penuh semangat “Saya Cinta IPA, Yess!!Yess!!Yess!!”.
5. Guru memeriksa kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas.
6. Guru memberikan motivasi kepada siswa.
7. Guru membacakan tujuan pembelajaran.
8. Guru memberikan apersepsi:
• Dengan Tanya jawab, guru menanyakan “coba sebutkan jenis-jenis makhluk hidup” untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang pelajaran yang lalu.
• Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
9. Guru mengajak siswa duduk rapi yaitu dengan menyanyikan lagu “tangan ke atas, tangan kesamping, tangan ke depan, duduk yang manis”.

 Kegiatan Inti:
1. Dengan Tanya jawab, guru menanyakan, “ikan hidup dimana?” untuk mengetahui tempat hidup hewan.
2. Guru menyebutkan tempat hidup hewan (di darat dan di air).
3. Guru memberi contoh hewan yang hidup didarat, di air, kemudian guru menanyakan kepada siswa hewan yang lain yang tempat tinggalnya di darat dan hewan yang tempat tinggalnya di air.
4. Dengan panduan guru, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
5. Guru membagi 10 kartu gambar hewan kepada masing-masing kelompok.
6. Guru meletakkan masing-masing 2 keranjang berjejer di depan papantulis untuk setiap kelompok, dan pada bagian depan keranjang tersebut bertuliskan “DARAT” dan “AIR”.
7. Guru memberikan petunjuk pengerjaan tugas paa setiap kelompok “guru mengambil salah satu gambar dan memasukkan kesalah satu keranjang yang telah diletakkan yang sesuai dengan tempat tinggal hewan yang ada pada gambar tersebut, kemudian siswa yang telah memasukkan 1 gambar, berlari kembali ke kelompok dan mengetos temannya yang lain, dan temannya tersebut kembali memasukkan gambar ke dalam keranjang, demikian selanjutnya”.
8. Guru memberitahukan kepada siswa bahwa kelompok yang paling banyak benar berarti itu adalah pemenangnya.
9. Siswa melaksanakan penugasan kelompok dari guru, sesuai dengan aba-aba yang diberikan oleh guru.
10. Guru mengajak siswa bertepuk tangan untuk hasil kerja yang dilakukan.
11. Guru bersama-sama dengan siswa melakukan pemeriksaan terhadap hasil setiap kelompok.
12. Guru mengajak siswa bertepuk tangan untuk kelompok yang menang.
13. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
14. Guru memberikan tabel pengamatan kepada siswa.
15. Siswa mengisi tabel pengamatan yang telah dilakukan kelompok.
16. Guru mengumpulkan pekerjaan siswa.
17. Guru menenangkan suasana kelas.
18. Guru melanjutkan pelajaran dan menjelaskan tempat tinggal hewan yang lain.
19. Guru menunjukkan gambar-gambar hewan yang tinggal di tempat lain selain di darat dan di air.
20. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
21. Guru menanyakan kepada siswa hewan-hewan yang tinggal di tempat lain selain di darat dan diair.
22. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.


 Kegiatan Akhir:
1. Guru mengajak siswa bernyanyi “burung kakak tua”.
2. Guru bersama-sama dengan siswa mengambil kesimpulan bersama.
3. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
4. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.
5. Siswa memberi hormat kepada guru.
6. Guru memberi salam penutup kepada siswa.

Pertemuan ke 16
 Kegiatan awal:
1. Guru memberi salam kepada siswa dan siswa menjawab salam yang diberikan oleh guru.
2. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa dengan memanggil nama-nama siswa satu persatu sesuai dengan urutan absen.
4. Guru mengumpulkan pekerjaan rumah siswa.
5. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu “lihat kebun ku”.
6. Guru memeriksa kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas.
7. Guru memberikan motivasi kepada siswa.
8. Guru membacakan tujuan pembelajaran.
9. Guru memberikan apersepsi:
• Dengan Tanya jawab, guru menanyakan “hewan tempat tinggalnya dimana?” untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang pelajaran yang lalu mengenai tempat tinggal hewan.
• Guru menjawab pertanyaan dari guru.
10. Guru mengajak siswa untuk duduk rapi “sama-sama menghitung 1-5, hitungan 1 tangan kanan ke depan, hitungan 2 tangan kiri ke depan, hitungan 3 tangan kanan dilipat, hitungan 4 tangan kanan dilipat, hitungan 5 siswa duduk bersandar”.
 Kegiatan inti:
1. Dengan tanya jawab, guru menanyakan kepada siswa “jagung tumbuh dimana?”untuk mengetahui tempat tinggal tumbuhan.
2. Guru menjelaskan tempat tingal tumbuhan di darat dan tumbuhan yang hidup di air.
3. Guru menyebutkan tempat hidup tumbuhan (di darat dan di air).
4. Guru memberi contoh tumbuhan yang hidup didarat, di air, kemudian guru menanyakan kepada siswa tumbuhan yang lain yang tempat tinggalnya di darat dan tumbuhan yang tempat tinggalnya di air.
5. Dengan panduan guru, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
6. Guru membagi gambar-gambar tumbuhan kepada masing-masing kelompok.
7. Guru meletakkan masin-masing 2 keranjang berjejer di depan papantulis untuk setiap kelompok, dan pada bagian depan keranjang tersebut bertuliskan “DARAT” dan “AIR”.
8. Guru memberikan petunjuk pengerjaan tugas pada setiap kelompok “guru mengambil salah satu gambar dan memasukkan kesalah satu keranjang yang telah diletakkan yang sesuai dengan tempat tinggal tumbuhan yang ada pada gambar tersebut, kemudian siswa yang telah memasukkan 1 gambar, berlari kembali ke kelompok dan mengetos temannya yang lain, dan temannya tersebut kembali memasukkan gambar ke dalam keranjang, demikian selanjutnya”.
9. Guru memberitahukan kepada siswa bahwa kelompok yang paling banyak benar berarti itu adalah pemenangnya.
10. Siswa melaksanakan penugasan kelompok dari guru, sesuai dengan aba-aba yang diberikan oleh guru.
11. Guru mengajak siswa bertepuk tangan untuk hasil kerja yang dilakukan.
12. Guru bersama-sama dengan siswa melakukan pemeriksaan terhadap hasil setiap kelompok.
13. Guru mengajak siswa bertepuk tangan untuk kelompok yang menang.
14. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
15. Guru memberikan tabel pengamatan kepada siswa.
16. Siswa mengisi tabel pengamatan yang telah dilakukan kelompok.
17. Guru mengumpulkan pekerjaan siswa.
18. Guru menenangkan suasana kelas.
19. Guru menunjukkan gambar tumbuhan yang tinggal di tempat lain selain di darat dan di air.
20. Guru melanjutkan pelajaran dan menjelaskan tempat tinggal tumbuhan yang lain.
21. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
22. Guru menanyakan kepada siswa hewan-hewan yang tinggal di tempat lain selain di darat dan diair.
23. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.

 Kegiatan Akhir:
1. Guru mengajak siswa bertepuk tangan.
2. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
3. Guru bersama-sama dengan siswa mengambil kesimpulan bersama.
4. Guru membuat permainan “nomor kepala”, siswa diurutkan berdasarkan nomor absen.
5. Siswa mengingat nomor absennya.
6. Guru memanggil nomor secara acak, dan nomor yang dipanggil harus menjawab siap, apabila siswa yang dipanggil terlambat menjawab siap maka siswa tersebut disuruh maju kedepan dan menceritakan pelajaran yang telah diterimanya.
7. Guru bersama-sama dengan siswa menarik kesimpulan.
8. Guru mengajak siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
9. Kelas disiapkan, siswa menghormat guru.

Alat dan Sumber belajar :
• Buku sumber belajar:
Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Erlangga.
• Alat peraga:
1. Kartu gambar hewan yang tempat tinggalnya didarat dan hewan yang tempat tinggalnya di air.
2. Gambar hewan yang hidup ditempat lain selain di darat dan di air.
3. Kartu gambar tumbuhan yang tempat tinggalnya di darat dan tumbuhan yang tempat tinggalnya di air.
4. Gambar tumbuhan yang hidup ditempat lainnya selain di darat dan di air.
5. Keranjang.


Penilaian:
- Tes kerja
- Pengamatan sikap
- Pemahaman konsep